Jumat, 15 April 2011

Nasib Sekolah Katolik Bagian 1

“Sekolah Katolik Bagai Kura-kura di tengah Gajah dan Serigala”

Melihat atensi dan respon di grup Pendidikan Katolik, ada baiknya saya menuliskan beberapa kondisi Sekolah Katolik yang telah saya amati, Semoga bisa menjadi bahan renungan dan diskusi bersama.

* Tulisan ini merupakan bentuk refleksi atas situasi dan kondisi sekolah katolik yang sedang mengalami penurunan kualitas secara drastis.

Salam bahagia dalam lindungan Tuhan

Mengapa saya menulis judul diatas? Apa maksudnya judul tersebut? Judul diatas adalah sebuah metafora, bahwa nasib sekolah Katolik sudah demikian mengkawatirkan. Nasibnya berada di tengah gajah, artinya sekolah negeri dan madrasah yang mendapat bantuan dana penuh dari pemerintah. Dan serigala, artinya pertumbuhan sekolah swasta lain yang demikian pesat dan agresif. Sementara kura-kura, hanya bisa sibuk berusaha bertahan agar tetap hidup. Berbagai keuskupan dan lembaga pendidikan Katolik sebenarnya sudah paham dan menyadari dengan kondisi ini. Seperti Keuskupan Surabaya, melakukan program orang tua asuh dan juga kolekte kedua dan membangun kepedulian sekolah Katolik. Bapa Uskup juga menyampaikan bahwa Sekolah Katolik harus tetap hidup. Bisa diibaratkan bahwa kura-kura memiliki kulit tubuh yang kuat (tameng) jadi ada kemungkinan bisa selamat dan tahan terhadap ganasnya persaingan.

Mari kita flashback kembali ke satu masa, di awal mula sekolah Katolik hadir dengan tujuan mulia turut serta mencerdaskan anak-anak Indonesia. Di era masa lalu, kehadiran Sekolah Katolik mendapat sambutan yang positif bagi umat Katolik sendiri maupun masyarakat setempat. Bahkan sebagian besar di beberapa kota, sekolah Katolik mengalami masa kejayaan. Sekolah Katolik menjadi sekolah favorit bagi pilihan orang tua jika ingin menyekolahkan anak-anak mereka.

Berikut alasan para orang tua memilih sekolah Katolik:
• Kualitasnya tidak perlu diragukan
• Terkenal sangat disiplin
• Memberikan pendidikan nilai-nilai budi pekerti
• Guru-gurunya sangat mumpuni
• Memiliki prestasi yang membanggakan
• Harapan menghasilkan anak-anak yang cerdas dan berbudi luhur
• Mendidik anak-anak dengan baik
• Memberikan dasar-dasar iman Katolik
• Menghasilkan lulusan sekolah yang berhasil dalam karir

Sekolah Katolik di ‘masa’ itu sangat diperhitungkan keberadaannya. Dan para guru/pendidik cukup disegani. Bahkan beberapa guru, ada yang tidak mau menerima tawaran masuk pegawai negeri, karena sudah cukup puas berkarya di sekolah Katolik.

Namun, mengapa sekarang situasinya berbalik hampir 180 derajat? Saat ini Sekolah Katolik seperti mengalami titik nadir terendah dalam perkembangan pendidikan di Indonesia. Jangankan untuk bersaing dengan sekolah lain, untuk bisa survive saja mengalami perjuangan yang tidak mudah. Akhirnya beberapa sekolah harus mendapat subsidi tiap bulan agar bisa beroperasi. Penurunan kualitas termasuk penurunan jumlah siswa, dialami di sejumlah keuskupan. Yang mengalami penurunan cukup besar misalnya Yayasan Kanisius Semarang, Yayasan Sang Timur, Yayasan Sang Putri, Yayasan Yohanes Gabriel Surabaya. Hanya Keuskupan Jayapura yang mengalami kenaikan secara signifikan 13%. Dan Yasukda Nusa Tenggara Timur kenaikan sebesar 11%.

Sebagai contoh: dari 152 Sekolah dibawah yayasan Yohanes Gabriel Keuskupan Surabaya, sekitar 40% yang perlu disubsidi. Besarnya tidak kurang dari 200 juta tiap bulannya untuk menutup gaji para guru/staf dan dana operasional.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Dan bagaimana cara mengangkat kembali citra sekolah Katolik di kancah dunia pendidikan? Sebuah pertanyaan yang tidak mudah untuk di jawab.

Sebelum kita melihat akar penyebab menurunnya sekolah katolik, kami mengajak pembaca melihat situasi dan kondisi beberapa sekolah di Keuskupan Surabaya.

Tahun 2009, saya mendapat kesempatan memberikan pelatihan motivasi kepada para guru dan siswa di beberapa sekolah Katolik di Cepu, Randublatung, Blora, Rembang dan Tuban, juga Pare dan Mojokerto.

Ada baiknya saya menyampaikan beberapa gambaran tentang kondisi sekolah-sekolah tersebut. Bisa jadi potret kondisi ini tidak jauh berbeda dengan situasi dan kondisi sekolah Katolik di tempat lain.

1. Blora
Sekolah Katolik di Blora terdiri dari TK Blora & Jepon, SDK Krida Dharma, SMPK Adi Sucipto, SMA Wijaya Kusuma, SMK St. Pius, yang dibawah tanggung jawab Romo Didik, Pr. Total siswa SMP tidak sampai 100 anak. Profil Kepala SD dari guru DPK, agak sulit untuk diajak melakukan perubahan demi kemajuan sekolah. Diantara unit sekolah tsb. yang paling menonjol adalah SMK St. Pius. Dengan jumlah siswa yang cukup besar terdiri dari 3 kelas parelel SMK berpotensi menjadi sekolah standar nasional di kemudian hari.

2. Cepu
Sekolah Katolik di Cepu terdiri dari TK, SD SMP, SMA dan SMK dibawah tanggung jawab Rm. Siprianus Yitno,Pr. Dari sisi bangunan cukup luas, hanya belum ada pengembangan yang baru, dalam arti masih bangunan gedung yang lama. Yang cukup membanggakan adalah berkat usaha Rm Yitno dan Romo Didik, SMK Yosef berhasil melakukan ikatan kerja sama dengan Exon Mobil, perusahaan migas di Cepu. Sehingga mendapat dana pengembangan sekolah dan SDM senilai 2 milyar. SMK Yosef juga punya potensi menjadi sekolah standar Nasional di kemudian hari.

3. Randublatung
Sekolah Katolik di Randu terdiri dari SMP, SMA dan SMK St. Louis. Sekolah di Randu cukup memprihatinkan. Untuk SMP, jumlah siswa sangat minim, demikian juga jumlah siswa SMA bahkan lebih minim. Ditambah lagi sarana dan fasilitas gedung sekolah SMA yang masih berupa papan. Sedangkan SMK dilihat dari jumlah siswa cukup banyak, total sekitar 400 siswa. Sayang, kualitas guru yang masih rendah dan masih lemah dalam pengelolaan keuangan dan program sekolah.

4. Rembang
Sekolah Katolik di Rembang terdiri dari TK, SD SMP, SMA dan SMK dibawah tanggung jawab Rm. Triwidyanto, Pr. Saya hanya berkesempatan memberi pada para siswa di SMAK St. Maria dan SMK Yos Sudarso. Situasi tidak jauh berbeda dengan di Randublatung. Siswa SMA yang masih minim, termasuk fasilitas yang kurang terawat. Sedangkan untuk SMK memiliki jumlah siswa yang cukup banyak.

5. Tuban
Sekolah Katolik di Tuban terdiri dari TK, SD SMP, SMA dibawah tanggung jawab Romo Kurdo Irianto, Pr. Dari kunjungan saya ke Tuban, banyak faktor yang kurang mendukung untuk kemajuan sekolah. Romo Kurdo sebagai Romo yayasan, juga menjadi Romo kepala paroki seorang diri, ditambah tugas romo stasi. Praktis ada keterbatasan dalam memikirkan kemajuan pengembangan sekolah. Untuk sekolah TK dan SD memang masih relatif baik. Namun kondisi sekolah SMP dan SMA yang sangat menyedihkan. Malah tahun kemarin SMA hanya sanggup mendapat 9 siswa baru untuk kelas X.

6. Mojokerto
Diantara sekian sekolah yang mengalami penurunan, di Mojokerto termasuk sekolah yang sudah bisa mandiri. Di Mojokerto ada SMPK St. Yusup dan SMAK St. Thomas Aquinas dibawah tanggang jawab Rm. Joko Nugroho, Pr. Untuk SMPK St. Yusup memiliki semangat yang cukup tinggi dalam membangun kualitas sekolah. Sedangkan yang SMAK masih ‘nunut’ (menumpang) di gedung SMPK. SMPK St. Yusup termasuk aktif menggalang dana untuk pembangunan sekolah, kerja sama dengan Telkom fleksi, pengadaan lab. komputer dll. Di kota Mojokerto SMPK St. Yusup termasuk menjadi salah satu sekolah favorit. Namun kami melihat, metode pangajaran masih bersifat teacher oriented.

Melihat kondisi diatas yang cukup memprihatinkan, agak susah bagi kita bagaimana mengangkat kembali citra Sekolah Katolik. Namun tidak ada kata tidak bisa. Selama ada kemauan pasti ada jalan, dan tentunya dukungan semua umat paroki serta dalam terang Tuhan kita.

* Tulisan bersambung ke Nasib Sekolah Katolik Bag #2.

Salam,
Markus Tan

Silahkan Respon dan tanggapan anda

4 komentar:

  1. Terimakasih sudah ikut dalam milis Pendidikan Katolik dan Ikut Peduli akan Pendidikan.
    Kalau boleh mohon informasi lebih lanjut dan kirimkan ke japri saya ghidayat@gmail.com
    Sehingga dapat kita lanjutkan diskusi dan kegiatan membantu si "kura-kura" agar pasti berumur lebih panjang,daripada serigala dan gajah

    BalasHapus
  2. Iya...kondisi sekolah katolik berbanding terbalik dengan masa lampau. Tidak ada yg tidak bisa, semua pasti bisa jika ada kemauan.
    Apalagi sekolah negeri sekarang di tonjolkan oleh pemerintah dan mendapat bantuan penuh. Sebetulnya sekolah swasta juga bisa mengajukan bantuan kepada pemerintah. Semoga sekolah katolik dapat bangun dan kembali jaya. Amin

    BalasHapus
  3. HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR
    DARI-rossastanleyloancompany

    Apakah Anda membutuhkan kredit yang urg?

    Sangat Cepat dan Transfer Instan ke rekening bank anda
    Bayar kembali bulan setelah Anda
    akun bank
    * Suku bunga rendah 2%
    * Pengembalian jangka panjang (1-30) Panjang
    * Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
    *. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membiayai? Setelah mengajukan pinjaman
    Anda mungkin mengharapkan jawaban kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 48 Jam setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
    Dari kru Di perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan pembiayaan yang berpengalaman yang menyediakan fasilitas pinjaman mudah untuk tulus, korporat, legal dan publik dengan tingkat bunga 2%. Kami memiliki akses ke koleksi uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli sedikit atau besar, kami memiliki uang tunai. Yakinlah yang kesejahteraan dan Kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, di sini kami di sini untuk mengurus Anda.

    Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan track record layanan yang memberikan kebebasan finansial kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa.
    Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang meminta untuk bisnis anda, belilah rumah, beli mobil, liburan, hubungi kami via,

    E-mail Resmi: rossastanleyloancompany@gmail.com
    Instagram resmi: Rossamikefavor
    Twitter resmi: Rossastanlyloan
    Official Facebook: rossa stanley favor
    CSN: +12133153118
    untuk respon cepat dan cepat.
    Silahkan mengisi aplikasi di bawah ini dan kami akan memanggil Anda lagi, Kami tersedia 24/7

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:

    2) Negara:

    3) Alamat:

    4) Jenis Kelamin:

    5) Status Perkawinan:

    6) Pekerjaan:

    7) Nomor Telepon:

    8) posisi saat bekerja:

    9) Penghasilan:

    10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:

    11) Durasi Pinjaman:

    12) nama facebook:

    13) nomor Whatsapp:

    14) Agama:

    15) Tanggal lahir:

    SALAM,
    Mrs.Rossa Stanley Favor
    ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
    Email rossastanleyloancompany@gmail.comHAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR
    DARI-rossastanleyloancompany

    Apakah Anda membutuhkan kredit yang urg?

    Sangat Cepat dan Transfer Instan ke rekening bank anda
    Bayar kembali bulan setelah Anda
    akun bank
    * Suku bunga rendah 2%
    * Pengembalian jangka panjang (1-30) Panjang
    * Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
    *. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membiayai? Setelah mengajukan pinjaman
    Anda mungkin mengharapkan jawaban kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 48 Jam setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
    Dari kru Di perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan pembiayaan yang berpengalaman yang menyediakan fasilitas pinjaman mudah untuk tulus, korporat, legal dan publik dengan tingkat bunga 2%. Kami memiliki akses ke koleksi uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli sedikit atau besar, kami memiliki uang tunai. Yakinlah yang kesejahteraan dan Kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, di sini kami di sini untuk mengurus Anda.

    Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan track record layanan yang memberikan kebebasan finansial kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa.
    Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang meminta untuk bisnis anda, belilah rumah, beli mobil, liburan, hubungi kami via,

    E-mail Resmi: rossastanleyloancompany@gmail.com
    Instagram resmi: Rossamikefavor
    Twitter resmi: Rossastanlyloan
    Official Facebook: rossa stanley favor
    CSN: +12133153118
    untuk respon cepat dan cepat.
    Silahkan mengisi aplikasi di bawah ini dan kami akan memanggil Anda lagi, Kami tersedia 24/7

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:

    2) Negara:

    3) Alamat:

    4) Jenis Kelamin:

    5) Status Perkawinan:

    6) Pekerjaan:

    7) Nomor Telepon:

    8) posisi saat bekerja:

    9) Penghasilan:

    10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:

    11) Durasi Pinjaman:

    12) nama facebook:

    13) nomor Whatsapp:

    14) Agama:

    15) Tanggal lahir:

    SALAM,
    Mrs.Rossa Stanley Favor
    ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
    Email rossastanleyloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  4. terima kasih sudah sharing tulisan ini, ada banyak info yang saya peroleh. Kebetulan saat ini lagi menggeluti tema yang sesuai tuliasan

    BalasHapus